KLINIK VCT HIV/AIDS RSUD GRATI

KLINIK VCT HIV/AIDS RSUD GRATI

VCT merupakan singkatan dari Voluntary Counselling and Testing. Klinik VCT RSUD Grati adalah klinik yang secara khusus memberikan pelayanan konseling dan testing (pemeriksaan darah) kepada klien yang telah terpapar atau berisiko untuk terpapar terhadap penularan virus HIV. Merujuk pada arti VCT, layanan konseling dan tes darah terhadap HIV dilakukan oleh klien dengan sukarela atau tidak ada paksaan serta bersifat rahasia.

Tujuan dari layanan klinik VCT RSUD Grati secara umum adalah sebagai upaya untuk mendukung penurunan angka kesakitan juga penularan HIVAIDS. Secara khusus, klinik VCT berperan dalam memberikan dukungan baik psikologis, emosional, serta pengobatan ARV guna meningkatkan dan mempertahankan kualitas hidup klien.

Di RSUD Grati, layanan klinik VCT diketuai oleh dr. Rizky Nurindra, Sp.PD dibantu oleh dokter umum sebagai pelaksana, serta perawat sebagai konselor. Klinik VCT RSUD Grati berada di Poliklinik gedung belakang. Layanan klinik VCT (konseling, testing dan pengambilan ARV) buka dari hari senin – jum’at, untuk konsul dengan spesialis penyakit dalam hanya khusus dibuka hari Jum’at.

Alur pendaftaran klinik VCT bagi pemegang BPJS melalui klinik penyakit dalam yang nantinya akan dimutasikan ke klinik VCT. Sedangkan bagi klien umum bisa langsung mendaftar ke klinik umum untuk mendapat akses layanan VCT. Sasaran utama dari layanan klinik VCT adalah masyarakat yang memiliki perilaku risiko tinggi terhadap penularan virus HIV, seperti: pengguna narkoba jarum suntik, pekerja seks komersial dan sebagainya.

Proses layanan klinik VCT terdiri dari 3 tahap, yaitu:

  1. Konseling pra testing HIV, klien akan diberikan pemahaman oleh konselor mengenai virus HIV, mulai dari cara penularan, cara pencegahan, hingga cara penanganan. Tujuan umum konseling ini diantaranya adalah untuk menggali lebih dalam terkait riwayat penularan dan  faktor resiko penularan. Konseling pra testing ditutup dengan persetujuan/ informed concent terhadap pemeriksaan HIV
  2. Testing HIV, pengambilan sampel darah dilakukan di Laboratorium dengan metode Rapid test HIV On Sight.
  3. Konseling pasca testing, klien mengetahui status HIV nya serta mendapatkan informasi tindakan selanjutnya.

Layanan testing HIV di klinik VCT RSUD Grati juga menerima klien rujukan dari FKTP wilayah kerja RSUD Grati. Bagi klien umum layanan testing HIV diberikan tanpa dipungut biaya.  Kami mengharapkan kepada masyarakat untuk bersedia memeriksakan status kesehatannya terkait infeksi virus HIV, khususnya yang memiliki risiko terpapar virus HIV, agar dapat segera ditemukan dan diatasi serta diputus rantai penularannya.

 

Content writer: Maulidah Nur Atiqoh, S.Kep, Ns.

No Comments

Tuliskan Komentar