INOVASI

 

RSUD GRATI Kabupaten Pasuruan memiliki pelayanan Inovasi yang di kenal sebagai julukan “SISTER PERI” singkatan dari Sistem Terpadu Pelayanan Geriatri

Pasien GERIATRI adalah pasien lanjut usia (> 60 Tahun) dengan multi penyakit/ gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Pelayanan Inovasi RSUD Grati "SISTER PERI" memiliki 1 ruangan khusus berupa Klinik Geriatri yang didalamnya dilengkapi dengan sofa yang nyaman untuk ruang tunggu khusus pasien Geriatri didalamnya. Pasien Geriatri ditangani oleh Tim Terpadu Geriatri melalui pendekatan yang bersifat interdisiplin oleh berbagai tenaga profesional yang diketuai oleh dr. Oki Hendriawan, Sp. PD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam), bersama dengan Tim Multidisiplin meliputi dokter spesialis Bedah, dan dokter Spesialis lainya , Pelayanan Keperawatan dan Kebidanan, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Farmasi ,Pelayanan Gizi, Pelayanan Fisioterapi dan . Pelayanan Inovasi RSUD Grati "SISTER PERI" juga melayanani Pelayanan "HomeVisit".

Jenis pelayanan inovasi "SISTER PERI" meliputi:

1. Pelayanan Klinik Geriatri "One Stop Service"

2. Pelayanan antar jemput pasien (Anjem)

3. Pelayanan Home Visit dgn dokter spesialis dan disiplin ilmu terkait

4. Pelayanan kegawatdaruratan geriatri "Avengers Emergency Quick Response"

5. Pelayanan kunjungan dokter spesialis ke paguyuban lansia dan prolanis

Inovasi "SISTER PERI" terus berinovasi demi mendekatkan diri kepada masyarakat terutama lansia, dimana pada juli 2020 digagas Klinik Geriatri One Stop Service, kemudian pada juli 2021 berkembang dengan pelayanan home visit dan antar jemput pasien yang didukung dengan pembelian 1 unit mobil khusus Sister Peri. Pada tahun 2022 inovasi ini berkembang dengan terobosan baru yaitu diciptakannya aplikasi "Avengers Emergency Quick Response" yang dapat diunduh di PlayStore yang memberikan pelayanan kegawatdaruratan pasien lansia di rumah atau lokasi di luar rumah sakit.

Inovasi "SISTER PERI" di tahun 2022 telah mengikuti lomba inovasi KIPP-Sinovik Kemenpan, lomba inovasi daerah INOTEK, dan lomba inovasi KOVABLIK Jawa Timur.

Upaya Peningkatan Kesehatan pada pasien lanjut usia diharapkan dapat memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif agar terwujud kemandiriran dan kesejahteraan, salah satunya adalah Pelayanan Kesehatan Geriatri  di RSUD Grati yang berkualitas merata dan terjangkau.

Semoga dengan layanan inovasi ini, RSUD Grati Kabupaten Pasuruan dapat memberikan pelayanan prima dan terpercaya serta menjadi rumah sakit pilihan masyarakat Kabupaten Pasuruan khususnya masyarakat wilayah timur.